Mengedit video saat ini bukanlah pekerjaan yang sulit, dan bahkan kamu tak harus melakukannya di PC. Banyak sekali aplikasi edit video android yang kini bisa ditemukan dan beberapa diantaranya dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Seperti aplikasi-aplikasi di bawah ini, menawarkan berbagai fitur beragam yang bisa membantu kamu mengedit video dengan hasil dan kualitas terbaik.

1. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush – via youtube.com

Siapa yang tidak mengenal adobe, salah satu developer yang lebih dulu dikenal berkat aplikasi edit video pc terbaik miliknya. Selain menyediakan editor di desktop, Adobe juga telah merambah ke pasar mobile.

Adobe Premiere Rush menjadi yang paling pertama direkomendasikan jika mencari aplikasi terbaik di android. Fitur-fitur editing otomatis yang ditawarkan berasal dari galeri foto ataupun video yang ada di Hp kamu. Kamu juga dapat mengedit video secara manual dan menyisipkan berbagai efek, musik, dan lainnya yang tersedia.

Kelebihan

  • User interface yang ringan dan mudah untuk pemula.
  • Dukungan penuh bagi kamu yang sering membuat konten sosial media.

Kekurangan

  • Fungsi yang ditawarkan cukup sederhana dan dirasa kurang optimal untuk edit video vertikal.

Download Adobe Premiere Clip

2. PowerDirector

PowerDirector – via play.google.com

Menawarkan berbagai efek video terbaik, slow motion hingga editing foto yang bisa dilakukan oleh PowerDirector hanya dalam satu aplikasi. PowerDirector memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur-fitur yang dapat menciptakan video 4K.

Video dari GoPro ataupun hanya sekedar video dari kamera HP bisa diedit dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Berbagai tools seperti aplikasi editor profesional juga ditawarkan disini. Pengguna bisa puas untuk melakukan editing maupun mengkreasikan video sesuai kebutuhan dan keinginan.

Kelebihan

  • Berbagai fitur yang ditawarkan sangat lengkap layaknya editor profesional.
  • Bisa menciptakan video 4K.
  • Dapat melakukan kompres video dengan mudah.

Kekurangan

  • Kurang cocok bagi editor pemula.

Download PowerDirector

3. FilmoraGo

FilmoraGo – via play.google.com

Ingin membuat video yang keren, mudah, dan juga bebas watermark? Maka pilihan aplikasi Filmora Go bisa menjadi andalan yang terbaik. Aplikasi ini dari segi tampilan terbilang sangat simple, pengguna bisa mudah memasukkan berbagai efek dan musik favorit ke dalam video sehingga memberikan kualitas yang keren.

Baca juga:  Aplikasi Edit Video PC

Agar video jadi lebih menarik, terdapat fitur animasi yang juga disediakan. Jika kamu ingin edit video tanpa ribet, kamu bisa menggunakan tema editing video yang telah tersedia. Sama seperti aplikasi lainnya, pengguna bisa share hasil edit video ke berbagai sosial media.

Kelebihan

  • Tersedia lintas platform, bisa digunakan desktop hingga mobile.
  • User interface layaknya aplikasi edit video yang digunakan editor profesional.
  • Terdapat berbagai pilihan aspect rasio.

Kekurangan

  • Pengguna harus melakukan opsi pembayaran jika ingin menikmati beberapa fitur.

Download FilmoraGo

4. VivaVideo

Jika ingin mencari aplikasi edit video android untuk instagram, maka VivaVideo menjadi salah satu pilihan yang tepat. Aplikasi ini sudah banyak diunduh dan digunakan oleh editor-editor dari berbagai dunia.

Jadi, tak salah jika aplikasi ini cukup direkomendasikan terutama bagi kamu yang baru mau belajar dasar-dasar edit video. Hal tersebut disebabkan karena cara penggunaannya yang mudah.

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa video klip serta mengatur transisinya agar jadi lebih enak saat ditonton. Untuk hasil video yang lebih keren, kamu bisa memasukkan teks dan animasi ke videomu.

Kelebihan

  • Sudah banyak digunakan editor-editor di dunia.
  • Cara penggunaannya yang mudah.
  • Baik aplikasi berbayar maupun tidak, tidak terlalu berbeda.
  • Dapat digunakan sebagai cara memotong video dengan mudah.

Kekurangan

  • Waktu mengedit video terbatas bagi pengguna versi gratis.

Download VivaVideo

5. VideoShow

VideoShow – via play.google.com

Meskipun memiliki performa dan fitur aplikasi yang tidak sebaik dengan aplikasi lainnya, seperti PowerDirector, namun, VideoShow menjadi aplikasi lainnya yang patut dicoba.

Hal ini disebabkan karena aplikasi VideoSHow juga menawarkan berbagai fitur standar yang bisa ditambahkan berbagai macam teks, stiker, efek, serta tema yang dapat dipilih dengan mudah. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir akan adanya watermark di bagian video kamu, karena aplikasi ini bebas watermark.

Kelebihan

  • Banyak opsi yang bisa digunakan untuk filter dan stiker.
  • User interface yang mudah digunakan seperti aplikasi edit android lainnya.

Kekurangan

  • Pembayaran bulanan jika ingin membuka fitur-fitur premium.
Baca juga:  Cara Memotong Video

Download VideoShow

6. Movie Maker Filmmaker

Movie Maker – via play.google.com

Movie Maker filmmaker merupakan aplikasi editing di android selanjutnya yang bisa digunakan secara gratis dan dapat berjalan secara offline tanpa harus ada internet.

Fitur-fitur pengeditan yang digunakan juga terbilang mudah. Selain itu, terdapat juga fitur yang bisa langsung digunakan, seperti efek animasi, musik slideshows, teks, dan masih banyak lainnya.

Secara keseluruhan, aplikasi ini sangat bermanfaat jika kamu ingin membuat video pendek. Hanya saja banyak iklan-iklan muncul yang cukup menganggu.

Kelebihan

  • Fitur-fitur basic tersedia lengkap dan bisa digunakan secara cuma-cuma.

Kekurangan

  • Banyak iklan yang muncul dan cukup menganggu.

Download Movie Maker Filmmaker

7. KineMaster

KineMaster – via play.google.com

Meskipun memiliki target pasar untuk editor mobile profesional, namun, aplikasi ini juga tetap mudah jika digunakan oleh editor pemula. Kamu tidak butuh waktu lama untuk dapat mengedit dan menghasilkan video, meskipun kamu kurang begitu paham dengan konsep video editing.

Tampilan landscape pada aplikasi ini juga memudahkan untuk mengakses fitur, serta melihat hasil editiing video secara real time. Yang lebih menariknya lagi disini adalah kehadiran fitur Chrome Key yang mana dapat mengubat latar belakang atau green screen menjadi sebuah wallpaper yang menarik dan unik.

Untuk opsi setting audio juga terbilang lengkap. Sangat membantu untuk membuat video menjadi lebih keren dan berkualitas.

Kelebihan

  • Tampilan seperti aplikasi edit video kelas profesional.
  • Opsi Chroma Key dapat mengaktifkan green screen yang cocok untuk pembuatan video gaming.

Kekurangan

  • Untuk menghilangkan watermark hanya untuk opsi premium (berbayar).

Download KineMaster

8. Quik

Quik – via play.google.com

Jika kamu merupakan pengguna kamera Go Pro, aplikasi yang satu ini cocok untuk digunakan. Selain dapat terhubung ke smartphone, disini pengguna bisa menambahkan hingga lebih dari 50 foto maupun video.

Quik juga dapat membantu proses edit video menjadi lebih cepat dan nantinya dapat dibagikan secara langsung ke berbagai sosial media. Aplikasi ini menawarkan berbagai kumpulan filter yang dapat digunakan untuk membuat tampilan video tampak semakin keren.

Kelebihan

  • Dimaksimalkan untuk pengguna perangkat yang bisa terkoneksikan dengan GoPro.
  • Penggunaan editing video sangat mudah karena editing dilakukan otomatis.

Kekurangan

  • Hanya terbatas dalam pembuatan video pendek.

Download Quik

9. ActionDirector

ActionDirector – via play.google.com

Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh di Playstore dan kamu dapat langsung merasakan berbagai macam fitur edit video menarik yang cukup memadai. Misalnya saja, kamu bisa memberikan efek dalam video, menyisipkan filter, memotong durasi video, hingga menambahkan teks.

Baca juga:  Cara Kompres Video

Cukup lengkap, bukan? Aplikasi ini juga populer digunakan di PC dan kini telah tersedia di Android. Yang lebih menariknya lagi adalah aplikasi ini sudah mendukung video dengan resolusi 4K.

Kelebihan

  • Fitur-fitur basic yang tersedia sangat lengkap.
  • Mendukung resolusi 4K.

Kekurangan

  • Kurang begitu populer di kalangan editor pemula.

Download ActionDirector

10. Funimate

Funimate – via play.google.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya yang ingin melakukan editing video lucu tanpa harus ribet.

Untuk mengedit video juga terbilang simple dan mudah. Funimate menawarkan hingga lebih dari 15 filter yang bisa diterapkan secara gratis. Dalam aplikasi ini memang tidak memiliki banyak fitur editing professional dengan beragam tools yang digunakan seperti aplikasi sebelumnya.

Namun, Funimate merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan jika kamu hanya ingin bersenang-senang, seperti untuk membagikan postingan video lucu di instagram stories.

Kelebihan

  • Dukungan mengedit video untuk format vertikal.
  • Membuat banyak filter dan stiker yang gratis dan dapat digunakan dengan mudah.
  • Bisa langsung terhubung untuk posting ke sosial media.

Kekurangan

  • Kurang cocok untuk kalangan editor semi professional.

Download Funimate

11. Magisto

Magisto – via play.google.com

Fungsi aplikasi ini memang bukan ditujukan bagi kamu yang butuh editing secara professional. Namun, bagi editor pemula, aplikasi ini sangat disarankan untuk dicoba.

Magisto bisa digunakan dengan 3 cara mudah, yaitu pilih video atau gambar, pilih musik untuk latar belakang, dan kemudian tambahkan judul tanpa adanya watermark ketika melakukan export.

Aplikasi keren ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang sering posting video ke sosial media, tapi tidak memiliki banyak waktu untuk mengedit.

Kelebihan

  • Hemat memori internal karena menggunakan basis cloud.
  • User interface layaknya software professional.

Kekurangan

  • Membutuhkan kuota internet yang stabil dan cepat untuk bisa mengedit secara lancar.

Download Magisto

Dengan beragam pilihan aplikasi edit video android di atas, kamu tidak hanya dapat mencoba fitur-fitur menarik yang ada, namun tentunya juga memberikan kemudahan dalam mengedit dan menghasilkan video yang berkualitas. Selamat mencoba!