Mobizen Perekam Layar
Mobizen Perekam Layar - Foto: play.google.com

18 Aplikasi Perekam Layar Terbaik Untuk PC/Laptop & Android

Membutuhkan sebuah aplikasi perekam layar pc atau android? Misalnya saja ketika hendak dipakai untuk streaming game atau membuat tutorial video. Kini banyak sekali aplikasi yang bisa dipilih, bahkan tidak perlu untuk melakukan root.

Aplikasi perekam layar laptop atau android  tersebut bisa merekam dengan kualitas full HD. Penasaran apa saja rekomendasi aplikasi perekam layar pc/laptop, android gratis dan terbaik? Simak ulasan Teknolagi berikut!


Aplikasi Perekam Layar PC/Laptop

Ada beberapa aplikasi perekam  layar PC gratis yang bisa kamu coba. Bagi yang memerlukan untuk merekam presentasi maupun game, aplikasi perekam layar ini memang dirancang khusus untuk merekam sebuah kegiatan yang dilakukan pada layar PC tersebut.

Berikut beberapa aplikasi perekam layar PC gratis yang bisa kamu coba, diantaranya:

1. Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software
Open Broadcaster Software – Foto: obsproject.com

Sebuah aplikasi perekam layar PC tanpa watermark ini sering disebut dengan OBS, tanpa adanya watermark menjadikan hasil dari rekaman video tidak ada tulisan yang mengganggu tampilan sebagaimana yang juga disampaikan pada halaman Pilihanku.ID.

Aplikasi ini bersifat open source dan juga multiplatform sehingga bisa dipasang dalam PC dengan beragam sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, hingga Mac. Bahkan hasil dari rekaman layar bisa dibagikan langsung dalam situs sharing online, seperti Youtube dan Facebook.

Meskipun tampilan dari aplikasi ini terbilang sederhana, namun fitur yang dimiliki sangat lengkap. Kemampuan merekam lewat webcam juga bisa dilakukan pada aplikasi ini.

2. Action

Action - Game Recorder
Action Game Recorder – Foto: actionrecorder.com

Sebuah aplikasi perekam layar yang bisa merekam secara real time dengan resolusi yang baik yaitu Action. Kamu bisa menggunakan sebuah fitur esensial yang ada untuk merekam video dan juga suara.

Kualitas HD yang ada pada aplikasi ini bisa mencapai 1080p dengan format MP4 dan AVI. Namun, tentu ukuran video akan menjadi lebih besar. Solusinya kamu bisa baca pada artikel cara kompres video.

Tidak hanya itu, tambahan fitur screenshot pada layar juga menjadi salah satu kelebihan fitur aplikasi ini. Untuk menjalankan aplikasi ini, pastikan menggunakan PC dengan RAM minimum 1GB agar dapat berjalan dengan lancar.

3. TinyTake

TinyTake Screen Recorder
TinyTake Screen Recorder – Foto: tinytake.com

Aplikasi lainnya yang bisa kamu coba untuk merekam tampilan layar pada PC yaitu tinyTake. Meskipun aplikasi ini gratis, namun banyak fitur yang dimilikinya. Pilihan merekam seluruh layar yang ada serta area tertentu dan memotong bagian video menjadi keunggulan aplikasi ini.

Fitur zoom in dan out serta anotasi bisa menjadi pilihan ketika melakukan perekaman layar. Disamping kelebihan yang telah disebutkan di atas, sayangnya kamu hanya bisa melakukan perekaman hingga 5 menit saja untuk versi gratis aplikasi. Namun jika menggunakan versi berbayar, perekaman bisa mencapai 120 menit.

4. WM Capture

WM Capture
WM Capture – Foto: assets.jalantikus.com

Kemudahan untuk melakukan perekaman layar pada bagian tertentu dan memilih fitur schedule recording menjadi kelebihan dari aplikasi ini. Fitur tersebut memberikan kemudahan untuk menentukan kapan kamu akan memulai melakukan perekaman layar. Tentunya hal ini tidak membuat kamu repot dengan harus menekan tombol record.

Banyak sekali format yang bisa disimpan ketika menggunakan aplikasi ini, sehingga tidak memerlukan aplikasi convert video tambahan. Bahkan kebutuhan minimal komputer yang bisa menggunakan aplikasi ini terbilang ringan, yaitu hanya dengan memori 512 MB.

Meskipun pengoperasian aplikasi yang mudah, namun sayangnya aplikasi ini belum bisa mengusung live streaming. Sayangnya, untuk menikmati fitur aplikasi WM Capture, kamu harus membeli produknya terlebih dahulu.

5. Aplikasi Sharex Tanpa Watermark

ShareX
ShareX – Foto: getsharex.com

Jika banyak aplikasi yang harus menampilkan watermark setiap melakukan perekaman layar, lain halnya dengan aplikasi perekam layar PC tanpa watermark yang satu ini.

Berbagai metode perekaman yang bisa dilakukan serta fitur anotasi menjadi kelebihan dari aplikasi ini. Tidak adanya batasan waktu merekam menjadikan kamu semakin nyaman ketika menggunakan aplikasi Sharex.

Meskipun banyak kelebihan, hal yang menarik dari aplikasi ini yaitu bebas iklan meskipun dapat diperoleh secara gratis. Namun, bagi kamu yang hendak melakukan rekaman dari emulator game, aplikasi ini kurang cocok untuk digunakan.

6. Debut Video Capture

Debut
Debut – Foto: nchsoftware.com

Aplikasi perekam layar lain yang menjadi rekomendasi yaitu debut video capture. Sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh NCH Software ini memiliki fitur yang sangat luar biasa. Kemampuan untuk memilih perekaman full screen maupun bagian tertentu serta pengaturan resolusi menjadi kelebihannya.

Ketika menggunakan aplikasi ini, kamu bisa juga melakukan sebuah perekaman layar dan juga webcam yang dilakukan secara bersamaan. Banyak sekali format yang bisa disimpan dengan aplikasi ini. Namun sayangnya aplikasi ini tidak bisa melakukan ekspor video langsung ke sosial media.

Kamu juga dapat menyesuaikan format video yang ingin dihasilkan, termasuk jenis encoder dan kualitas video. Jadi, setelahnya tidak butuh menggunakan aplikasi kompres video tambahan untuk mengatur ukuran file.

7. Ezvid Video Maker

Ezvid Recorder
Ezvid Recorder – Foto: ezvid.com

Aplikasi perekam layar untuk sistem operasi windows terbaik yang bisa kamu coba yaitu Ezvid Video Maker. Aplikasi ini dapat dengan mudah menambahkan judul maupun sebuah deskripsi pada video. Ketika memulai sebuah perekaman aplikasi ini dapat secara otomatis menyimpan file yang ada.

Hal yang menarik dari aplikasi ini, yaitu ketika kamu melakukan perekaman, dapat diunggah secara langsung ke sebuah platform seperti halnya youtube. Namun yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini yaitu tidak adanya sebuah shortcut untuk aplikasi ini.

8. Aplikasi NVIDIA Shadow Play

NVIDIA Shadow Play
NVIDIA Shadow Play – Foto: youtube.com

Aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam mundur selama kurang lebih 20 menit ini dapat kamu coba. Dengan kualitas tinggi yang dapat dihasilkan menjadikan aplikasi ini banyak diminati orang. Kemudahan dalam penggunaannya juga menjadi alasan mengapa perlu kamu coba.

Berbagai hasil format video dapat didukung oleh aplikasi ini, seperti halnya GIF, MP4, AVI, maupun yang lainnya yang dapat langsung kamu putar melalui aplikasi pemutar video. Adanya fitur seperti penambahan filter juga menjadi kelebihan dari aplikasi Shadow Play ini.

9. Ice Cream Screen Recorder PC

Ice Cream Screen Recorder
Ice Cream Screen Recorder – Foto: icecreamapps.com

Jika kamu sedang melakukan sebuah webinar, aplikasi ini cocok untuk merekam apa yang ada di tampilan PC kamu. Tidak hanya itu, sebuah tampilan video call maupun memainkan game terbaik dapat dengan mudah direkam dengan menggunakan aplikasi ini.

Penggunaan aplikasi ini dapat dengan mudah untuk digunakan. Jadi, tak heran jika aplikasi ini menjadi primadona kebanyakan orang. Kemampuan merekam audio dan video secara bersamaan juga menjadi kemudahan yang bisa didapatkan.

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, terdapat tombol seperti stop, record, maupun pause untuk mengatur perekaman. Tapi jika tidak, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pemotong video untuk membuang bagian rekaman yang tak diinginkan.

10. Windows 10 Game Bar

Windows 10 Game Bar
Windows 10 Game Bar – Foto: microsoft.com
Xbox Game Bar
Xbox Game Bar
Developer: ‪Microsoft Corporation‬
Price: Free+

Sebuah aplikasi bawaan dari windows 10 ini memiliki sebuah kelebihan yaitu mampu menghasilkan sebuah video dengan hasil yang lebih smooth. Bahkan tidak hanya itu, hasil size dari aplikasi ini tidak terlalu besar. Untuk aplikasi perekam layar ini sayangnya hanya bisa digunakan di versi windows 10. Hal ini dikarenakan sistem yang ada memiliki banyak spesifikasi yang diharuskan.


Aplikasi Perekam Layar Android

Lain halnya dengan PC atau laptop, aplikasi perekam layar untuk android ini biasanya lebih mudah dalam penggunaannya. Banyak juga aplikasi perekam layar android yang dikhususkan untuk recording game yang bisa kamu coba.  Penasaran apa saja aplikasi tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. DU Recorder

DU Recorder
DU Recorder – Foto: play.google.com

Salah satu aplikasi perekam layar android terbaik, yaitu DU Recorder. Kamu bisa menggunakan berbagai pilihan bahasa yang tersedia. Kualitas video yang direkam dengan aplikasi ini terbilang tinggi. Kemudahan dalam penggunaan menjadikan banyak orang menggunakannya.

Hal yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini, yaitu adanya sebuah watermark dari hasil video perekaman. Ukuran file hasil recording yang tergolong besar juga mengharuskan kamu untuk memiliki memori penyimpanan yang besar pula. Namun, kamu juga bisa mengatasinya dengan melakukan kompres video.

Dengan DU Recorder, kamu juga bisa sekaligus mengedit video di android yang kamu punya setelah proses merekam layar selesai. Pemberian efek, filter, musik, dan sejenisnya, bisa dilakukan disini.

2. Mobizen Perekam Layar

Mobizen Perekam Layar
Mobizen Perekam Layar – Foto: play.google.com
Mobizen Screen Recorder
Mobizen Screen Recorder
Developer: MOBIZEN
Price: Free+

Sebuah aplikasi yang mendapatkan penghargaan App terbaik ini tentu memiliki banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Kualitas HD yang mampu mencapai 1080p menjadikan video kamu akan menarik untuk dilihat. Untuk menggunakan aplikasi ini pastikan smartphone kamu telah menggunakan minimal versi android 4.4 atau KitKat.

Dengan ukuran aplikasi yang tidak lebih dari 20MB, tentunya tidak akan terlalu memakan memori HP kamu. Pada aplikasi ini juga mendukung sebuah fitur yang mampu melakukan editing dari hasil rekaman yang ada, sehingga memungkinkan kamu untuk tidak perlu melakukan melalui aplikasi edit video tambahan.

Tidak hanya merekam layar, Mobizen juga dapat menjadi alternatif aplikasi screenshot dengan tombol melayang tanpa harus repot menekan kombinasi tombol di hp kamu.

3. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder
AZ Screen Recorder – Foto: play.google.com

Aplikasi ini memiliki user interface yang sangat mudah. Sangat ringan untuk smartphone dan juga bisa di instal oleh smartphone jenis apapun. Yang menyenangkan lagi, aplikasi ini merupakan aplikasi perekam layar android tanpa watermark.

Jika kamu salah satu orang yang menyukai walkthrough game, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan. Tidak perlu untuk menggunakan root menjadikan kelebihan yang bisa didapatkan ketika ingin merekam game di android.

4. Screen Recorder

Screen Recorder
Screen Recorder – Foto: play.google.com
Screen Recorder - Record your screen
Screen Recorder - Record your screen
Developer: NLL
Price: Free

Jika kamu menyukai sebuah desain yang menarik, aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Aplikasi perekam layar ringan yang satu ini mampu diinstal meskipun smartphone memiliki RAM yang kecil. Fitur yang ada pada aplikasi ini terbilang unik karena ada sebuah fitur goyang/shake. Fitur ini berfungsi untuk mengontrol kapan mulai merekam dan memberhentikan rekaman yang dijalankan.

Meskipun banyak kelebihan, aplikasi ini dapat dimiliki secara gratis dan berjalan lancar pada sistem operasi Android dengan versi minimal 5.0 atau Lollipop. Untuk sistem operasi yang berada dibawah 5.0, perlu melakukan root pada smartphone kamu.

5. Super Screen Recorder

Berbagai kualitas bisa didapatkan ketika menggunakan aplikasi ini untuk merekam tampilan layar androidmu. Bahkan dalam aplikasi ini bisa melakukan sebuah animasi GIF yang dilakukan secara langsung. Adanya penambahan fitur facecam akan menjadi hal yang menyenangkan.

Meskipun banyak fitur yang dimiliki dari aplikasi ini, namun sayangnya untuk menginstal aplikasi ini perlu sebuah RAM yang cukup. Selain itu, hasil perekam juga akan memiliki ukuran file cukup besar, sehingga lumayan memakan penyimpanan yang ada. Tampilan dari aplikasi ini juga terbilang standar bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

6. Background Video Recorder

Background Video Recorder
Background Video Recorder – Foto: play.google.com

Aplikasi yang satu ini menjadi aplikasi perekam layar terbaik android. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam melakukan perekaman rahasia dan juga terjadwal. Banyak bahasa yang bisa digunakan ketika menggunakan aplikasi ini. Fitur mengaktifkan dan menonaktifkan suara pada kamera juga bisa dilakukan dengan aplikasi ini.

Aplikasi yang sangat mudah digunakan ini terdapat sebuah pintasan perekaman hanya dengan satu klik pada widget. Ukuran dari aplikasi ini sangat ringan karena hanya berukuran 5.4 MB saja.

7. Screen Recorder – Record with Facecam And Audio

Screen Recorder - Record with Facecam And Audio
Screen Recorder – Foto: play.google.com

Rating dari aplikasi ini terbilang banyak dan mampu melakukan sebuah perekaman pada semua layar smartphone. Tampilan hasil yang tampak HD dan juga profesional menjadikan orang memilih aplikasi ini. untuk menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu melakukan root pada HP mu. Selain itu, aplikasi ini juga mampu merekam dengan fitur face cam.

Berbagai pilihan fitur yang ada menjadikan kelebihan yang dimiliki dan tidak perlu menggunakan berbagai aplikasi pendukung lainnya. Ketika menggunakan aplikasi ini, pastikan RAM yang ada memiliki space yang cukup agar perekaman dapat berjalan dengan lancar.

8. REC – Screen Recorder

Untuk melakukan rekaman dengan durasi yang lama, kamu bisa memilih aplikasi ini. Adanya berbagai opsi control yang tersedia menjadikan pengaturan bagaimana hasil dari perekaman layar yang dihasilkan dapat kamu atur sesuai keinginan. Sehingga kualitas dan ukuran file video dapat sesuai. 

Meskipun tampilan dari aplikasi ini terbilang sedikit ribet, namun banyak fitur yang bisa kamu nikmati. Ukuran aplikasi ini bahkan tidak terlalu besar. Tidak ada watermark dari hasil video ini juga menjadi kelebihan yang bisa kamu dapatkan.


Berbagai aplikasi perekam layar di atas bisa kamu coba secara langsung dengan menekan tombol yang telah tersedia. Terlebih bagi kamu yang ingin membuat sebuah video berupa tutorial, atau video gaming baik dari android maupun PC.

Selanjutnya, dari ulasan singkat di atas, kamu bisa memilih aplikasi perekam layar mana yang akan digunakan sesuai dengan fitur tersedia yang kamu butuhkan. Selamat mencoba!

Setya
Saya benci film dengan sad ending.