Cara Kompres PDF

5 Cara Praktis Kompres Ukuran File PDF Menjadi Lebih Kecil

PDF merupakan jenis file yang banyak digunakan karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Namun terkadang file berbentuk PDF ini tidak dapat kamu kirim melalui email karena ukurannya yang terlalu besar. Kamu dapat menggunakan salah satu dari beberapa cara kompres PDF yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Terdapat banyak cara mengecilkan ukuran file PDF yang dapat kamu coba, baik itu secara online maupun secara offline. Namun, alangkah lebih baik jika kamu mengecek file PDF yang sudah melalui tahapan kompresi ukuran tersebut, untuk memastikan tidak ada yang berubah di dalamnya. Jika sudah paham, berikut ini beberapa cara kompres PDF yang perlu kamu ketahui.


Kompres Ukuran File PDF Secara Online

SmallPDF – via smallpdf.com

Terdapat banyak situs yang menyediakan layanan kompres file PDF menjadi kecil. Namun, dari sekian bayak situs tersebut, salah satu situs kompres PDF online terbaik untuk saat ini adalah smallpdf.

Situs ini juga mudah untuk digunakan karena kamu tidak perlu login, serta dapat melakukan konversi beragam jenis file, seperti mengubah word ke pdf, menggabungkan file pdf dan lainnya .

Untuk itu, berikut beberapa tahapan dalam cara untuk kompres PDF online.

  • Tahap yang pertama, kamu perlu membuka web browser yang ada di PC ataupun smartphone kamu.
  • Setelah itu, kunjungi situs yang beralamatkan smallpdf.com/compress-pdf dan akan mendapatkan tampilan seperti di bawah.
Cara Kompres Ukuran PDF Online
  • Lalu kamu pilih menu “Choose Files” dan cari file PDF yang hendak kamu kecilkan. Selain itu, kamu juga dapat langsung melakukan “drag & drop” file PDF kamu ke dalam kolom yang berada pada situs tersebut.
  • Kamu hanya perlu menunggu selama beberapa saat hingga proses pengunggahan file PDF ini selesai 100%. Lama proses upload akan bergantung pada kecepatan internet dan ukuran file PDF.
Cara Kompres Ukuran PDF Online
  • Setelah file berhasil diupload, kamu akan diberikan dua opsi terkait jenis kompresi yang akan digunakan, pertama “Basic Compression”, kedua “Strong Compression” beserta estimasi hasil ukuran file setelah kompresi.
  • Untuk Basic Compression ditujukan untuk free user. Kamu bisa mengecilkan ukuran PDF hingga 40%. Sementara untuk Strong Compression hanya dapat digunakan oleh Pro User. Kita akan menggunakan pilihan pertama, lalu klik “Choose Option”.
Jenis Kompres PDF
  • Tunggu proses kompres hingga selesai.
  • Jika proses kompresi file PDF sudah selesai, maka kamu dapat memilh opsi “Download” untuk menyimpan file PDF yang sudah dikompres, atau kamu juga bisa menyimpan pada Cloud seperti Google Drive atau Dropbox.
Hasil Kompres File PDF Online

Aplikasi Kompres Ukuran File PDF di PC

1. Microsoft Word

Microsoft Word – via institut-munich.ma

Selain dapat digunakan untuk membuat dan menggabungkan file berbentuk PDF, ternyata kamu juga dapat mengompres ukuran file PDF menjadi lebih kecil dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Akan tetapi, kamu hanya dapat melakukan kompres PDF menjadi kecil pada versi Microsoft Word 2013 atau ke atas. Jika kamu sudah memilikinya, maka berikut ini cara yang dapat dilakukan.

  • Pertama, kamu perlu membuka aplikasi Microsoft Word yang sudah terinstal di PC atau laptop kamu.
  • Setelah itu, klik pada menu “File” lalu pilih opsi “Open”. Cari file PDF yang akan kamu kompres menjadi lebih kecil.
File PDF yang Akan Dikompres
  • Pada saat kamu membuka file PDF melalui aplikasi Microsoft Word, maka secara otomatis bentuk dari file PDF tersebut akan diconvert menjadi word terlebih dahulu. Apabila muncul suatu pop up pemberitahuan, maka kamu hanya perlu mengklik “OK” saja untuk melanjutkan.
  • Ketika dokumen dari PDF sudah terbuka di Microsoft Word, maka klik menu “File” dan pilih opsi “Save As”. Kamu juga dapat menekan kombinasi dari tombol keyboard berupa “CTRL+S”.
  • Lalu pilih bentuk file yang akan disimpan menjadi PDF dengan mengubah opsi pada “Save as type” menjadi “.pdf”. Jangan lupa untuk mengubah opsi pada “Optimize for” menjadi “Mininum Size (publishing online)” untuk menyimpan file dalam ukuran yang paling kecil.
  • Terakhir, beri nama pada file tersebut dan klik “Save” untuk menyimpannya. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan ukuran PDF lebih kecil hingga 50% dari ukuran asli.

2. Adobe Acrobat DC Pro

Adobe Acrobat Pro
Adobe Acrobat Pro

Cara kompres PDF yang dapat kamu coba selanjutnya yakni dengan menggunakan Adobe Acrobat DC Pro. Oleh karena itu, langsung saja berikut cara mengecilkan file PDF dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat XI Pro.

  • Langkah pertama, download dan instal aplikasi Adobe Acrobat DC Pro pada PC atau laptop kamu.
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan cari file PDF yang hendak kamu kompres menjadi lebih kecil dengan menekan tombol “Browse”.
Kompres PDF Menggunakan Adobe Acrobat
  • Langkah yang selanjutnya, pilih menu “Optimize PDF” di sisi kanan aplikasi. Jika menu tersebut tidak ada, kamu bisa menekan tombol “More Tools” lalu pilih menu “Optimize PDF”.
Mengecilkan PDF dengan Adobe Acrobat Pro
  • Kemudian, untuk melakukan kompres file, kamu bisa memilih menu “Reduce File Size” pada bagian atas aplikasi.
Mengecilkan PDF dengan Adobe Acrobat Pro
  • Pada opsi yang bernama “Make Compatible With”, pilihlah opsi “Retain Existing” atau kamu dapat mengatur kompabilitas dokumen PDF sesuai dengan keinginan. Lalu klik “OK”.
Mengecilkan PDF dengan Adobe Acrobat Pro
  • Kemudian akan muncul pop up jendela baru untuk menentukan lokasi penyimpanan file hasil kompresi. Jangan lupa untuk memberi nama pada file PDF agar tidak tertukar, kemudian klik “Save”.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mendapatkan hasil ukuran file yang sangat maksimal, yaitu bisa mendapat ukuran lebih kecil 50% dari ukuran sebelumnya.


3. ORPALIS PDF Reducer Free

ORPALIS PDF Reducer Free
ORPALIS PDF Reducer Free – via orpalis.com

Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengompres ukuran file PDF menjadi lebih kecil selanjutnya adalah ORPALIS PDF Reducer Free. Meskipun memiliki nama dengan kata “Free”, namun kamu hanya bisa menggunakannya secara gratis selama 60 hari. Jadi, jika kamu ingin menggunakan lebih dari 60 hari, kamu harus membeli lisensi.

  • Pertama, tentunya kamu perlu untuk mendownload dan menginstal aplikasi yang bernama ORPALIS PDF Reducer Free.
  • Lalu kamu dapat mencari file PDF yang ukurannya hendak dikecilkan dengan memilih menu “Source”. Lalu pada tab “Destination”, tentukan lokasi di mana kamu hendak menyimpan file PDF yang nantinya akan dihasilkan.
Mengecilkan PDF dengan ORPALIS PDF Reducer
  • Terakhir, klik tombol “Start Batch” untuk memulai proses kompres dari file PDF tersebut. Tunggu sampai proses kompresi selesai dan ukuran file PDF sudah berubah menjadi lebih kecil.
Mengecilkan PDF dengan ORPALIS PDF Reducer

Setelah proses kompresi selesai, file asli yang sebelumnya berukuran 122 MB dapat diperkecil hingga 41 MB atau sekitar 60% lebih kecil dari ukuran asli.


4. Free PDF Compressor

Free PDF Compressor – via freepdfcompressor.com

Aplikasi untuk mengompres ukuran file PDF yang dapat kamu coba selanjutnya adalah Free PDF Compressor. Akan tetapi, kamu hanya dapat mengompres satu file saja dalam sekali proses. Namun, kamu dapat menentukan kualitas rasio kompres yang nantinya akan berdampak pada ukuran file. Langsung saja, berikut ini cara kompres PDF sesuai keinginan dengan Free PDF Compressor.

  • Langkah pertama, kamu perlu untuk mendownload dan menginstal aplikasi yang bernama Free PDF Compressor terlebih dahulu.
  • Jika aplikasi tersebut sudah terinstal, maka buka dan klik pada menu “Browse” untuk memilih file PDF yang ukurannya hendak diperkecil.
  • Langkah yang selanjutnya, kamu perlu menentukan lokasi yang akan digunakan untuk menyimpan file hasil kompres pada menu “Output File”.
Mengecilkan PDF dengan Free PDF Compressor
  • Pada aplikasi ini, kamu bisa menentukan tingkat kualitas dokumen setelah proses kompres dilakukan pada bagian “Settings”. Contohnya, seperti memilih “Screen Low Resolution” untuk kebutuhan digital yang tidak begitu membutuhkan kualitas terlalu bagus, kamu bisa mendapatkan ukuran PDF jauh lebih kecil.
Mengecilkan PDF dengan Free PDF Compressor
  • Kemudian, kamu dapat langsung memilih opsi “Compress” untuk memulai proses kompres ukuran file PDF.
  • Tunggu sampai proses kompres selesai dan file baru yang disimpan akan memiliki ukuran yang lebih kecil.
Mengecilkan PDF dengan Free PDF Compressor

Dengan menggunakan salah satu dari cara kompres PDF di atas, tentunya kamu sudah tidak perlu khawatir lagi jika file PDF yang hendak kamu kirim melalui email terlalu besar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu perlu mengecek isi dari file PDF hasil kompres tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada yang berubah.

Setya
Saya benci film dengan sad ending.