Putusnya suatu hubungan dalam percintaan sudah menjadi hal wajar bagi seorang manusia. Apalagi hal tersebut bisa dibilang sudah menjadi makanan wajib yang harus dirasakan oleh setiap orang. Bisa karena putus dengan hubungan tidak pasti, hubungan yang sudah pasti, maupun tanpa sebab kandas di tengah perjalanan hubungan dan lain-lain sehingga belum bisa move on adalah jawabannya.

Agar hal tersebut tidak terlalu berlarut dalam sakit, maka mencari cara move on adalah hal yang perlu dilakukan dalam memulihkan perasaan. Berikut adalah 10 cara agar kamu bisa cepat move on dari si “dia”, antara lain:

1. Mulai Belajar Mencintai Diri Sendiri

Mencintai Diri Sendiri
Mencintai Diri Sendiri – Foto: unsplash.com/@olianayda

Pertama, sudah dipastikan saat masa-masa sulit melupakan kita pasti akan lupa dengan keadaan kita dimana kita hanya memikirkan si “dia” saja dan hal ini berpengaruh terhadap tubuh kamu. Sehingga, cukuplah memikirkan si “dia” saatnya kamu move on dengan mencoba menghargai diri kamu sendiri. Cobalah untuk mencintai diri kamu sendiri mulai dari sekarang!.

[rb_related title=”Baca Juga” total=”2″]

2. Sibukkan Waktumu dengan Orang Lain

Berkumpul Dengan Teman
Berkumpul Dengan Teman – Foto: unsplash.com/@priscilladupreez

Melupakan bukanlah hal yang mudah bagi setiap orang, apalagi kenangan itu begitu melekat hingga merasuk relung jiwa. Jangan bersedih, move on ini perlu dilakukan dan tanpa syarat apapun setiap hari kalian akan terbiasa dengan hal tersebut.

Dengan bertemu orang-orang yang menyenangkan, entah teman kerja, sahabat, dan orang-orang tersayang lainnya sangat membantu kamu sedikit demi sedikit lupa akan kenangan dengan si “dia” dan kamu menjadi terbiasa akan hal tersebut.

3. Menjadi Dirimu Kembali

Menjadi Diri Sendiri
Menjadi Diri Sendiri – Foto: unsplash.com/@wflwong

Setelah mencoba menjadi dirimu kembali, maka otomatis kamu akan menemukan diri kamu kembali, salah satunya adalah hal-hal yang belum bisa kamu lakukan untuk dirimu. Bahagiakanlah dirimu, manjakanlah dirimu dengan versi “kamu” sendiri. Move on ini sangat diperlukan agar bisa dijadikan pelampiasan sebagai upgrading diri atas kurang perhatiannya dirimu terhadap kamu sendiri.

4. Merenung Diri (Meditasi)

Merenung
Merenung – Foto: unsplash.com/@simonmigaj

Setiap orang dalam menyikapi atau mengatasi suatu masalah bermacam-macam. Tetapi memang dalam mengambil suatu keputusan atas apa yang terjadi perlu merenung diri. Karena move on dengan merenung diri kamu bisa mengambil hikmah dan mengevaluasi diri atas kandasnya suatu hubungan.

Hal tersebut positif karena bisa menjadi patokan untuk kedepannya. Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini, apalagi kesalahan-kesalahan kamu dalam menjalin hubungan dan itu wajar. Cukup kamu luangkan waktumu sendiri untuk merenung.

Karena meluangkan waktu sendiri itu perlu, tanpa terganggu oleh siapapun dan pastinya pikiran pun jernih dengan berpikir secara logika. Bisa merenung diri dengan melakukan perjalanan atau melakukan kegiatan sendiri. Itu adalah cara yang ampuh dan tepat untuk cepat move on.

5. Sibukkan Diri dengan Apa yang Kamu Suka

Melakukan Hobi
Melakukan Hobi – Foto: unsplash.com/@hillary_jeanne

Setiap orang pasti punya hal-hal yang disuka, kamu bisa melampiaskan segala macam perasaan tentang si “dia” melalui apa yang kamu kerjakan saat ini. Kalau kamu sedang bekerja, sibukkan diri kamu dengan mengerjakan tugas yang kamu suka di tempat kerjamu.

Jika kamu seorang anak kuliahan, kamu bisa menyibukkan diri dengan ikut organisasi-organisasi atau komunitas-komunitas yang kamu suka. Apapun statusmu sekarang, intinya sibukkan dirimu dengan apa yang kamu suka. Itu adalah salah satu cara move on yang baik.

6. Jauhkan dari Semua Hal yang Mengingatkan tentang Dia

Kenangan
Kenangan – Foto: unsplash.com/@invictar1997

Setiap hal yang kamu lakukan dulu dengan si “dia” pasti punya kenangan dan pastinya kenangan itu membekas. Iya kan?. Untuk itu cobalah menjauhkan diri dari kenangan-kenangan tersebut, entah kenangan tempat romantis kalian, kenangan barang pemberian dari si “dia”, foto, dan lain-lain yang berhubungan dengan kenangan si “dia”. Cara tersebut adalah move on yang bisa diandalkan.

7. Lampiaskan Perasaan Kesal dan Sedih dengan Hal-hal Positif

Melampiaskan ke Hobi Positif
Melampiaskan ke Hobi Positif- Foto: unsplash.com/@freetousesoundscom

Setiap orang pasti punya berbagai cara dalam melampiaskan suatu perasaan kesal. Tetapi akan lebih baik jika cara pelampiasannya dilakukan secara positif, misal bisa kamu lakukan move on tersebut lewat hobi. Contohnya kamu suka menulis dan kamu lampiaskan lewat karya-karyamu entah puisi, karya ilmiah, artikel, atau karya-karya yang lainnya. Atau bisa dengan hal mudah yang pastinya setiap orang menyukai akan hal tersebut, bisa lewat jalan-jalan maupun travelling, baik sendiri maupun bersama.

8. Hapus Semua Sosmednya jika Perlu

Hapus Sosial Media Mantan
Hapus Sosial Media Mantan – Foto: unsplash.com/@purzlbaum

Perasaan kesal mendalam atau perasaan sakit lainnya pasti membekas apalagi jika kamu masih bisa melihat status aktivitas si “dia” di medsos. Jika hal tersebut menyiksamu, segeralah ambil tindakan dengan menghapus semua akun sosmednya jika perlu.

Banyak yang bilang hal tersebut seperti kekanak-kanakan. Tetapi asal kamu ketahui bahwa menurut studi psikologi, hal tersebut adalah salah satu cara agar cepat move on dari si “dia” dan mencoba meminimalisir rasa sakit yang ada. Perlu dicoba.

9. Berdamai dengan Diri Sendiri

Berdamai Dengan Diri Sendiri
Berdamai Dengan Diri Sendiri – Foto: unsplash.com/@giulia_bertelli

Mencoba berdamai dengan diri sendiri itu perlu apalagi setelah kamu merenung diri atau bermeditasi kamu pasti akan mendapatkan pikiran terbuka tentang hubunganmu selama ini dengan si “dia”. Setelah merenung diri pasti kamu akan menyadari apa yang salah dari dirimu sendiri maupun kesalahan si “dia” saat kalian menjalani hubungan dulu. Move on ini sangat perlu dilakukan agar bisa introspeksi diri untuk hubungan kedepannya.

Ingat, tidak ada yang sempurna dalam hidup ini dan itu wajar. Ini adalah salah satu cara move on yang paling puncak bisa dilakukan oleh kamu saat kamu benar-benar bisa menerima kamu dan keadaan kamu sekarang. Mencoba memaafkan diri sendiri dan memaafkan atas apa yang sudah terjadi. Terimalah dan coba berbahagialah.

10. Perbanyak Teman

Memperbanyak Teman
Memperbanyak Teman – Foto: unsplash.com/@benshares

Setelah menerima keadaan, maka perbanyak teman adalah salah satu cara move on yang paling ampuh. Karena selain kamu menemukan orang baru, kamu juga bisa menemukan pribadi baru yang mungkin itu cocok untuk kamu jadikan pasangan hidup.

Jangan memaksakan diri jika masih belum pulih, tapi cobalah sedikit demi sedikit menerima perbedaan yang ada dengan menambah banyak teman. Dengan hal tersebut lambat laun kamu akan bisa membuka hati kepada orang lain.

Cara-cara move on di atas merupakan bagian yang bisa dijadikan acuan untuk cepat move on. Move on sangat diperlukan bagi setiap orang agar pulih dari keadaan sebelumnya. Move on tidak hanya membahas melulu tentang cinta tetapi move on juga bermakna untuk masalah-masalah yang lain.

Sebuah hubungan yang kandas bukan berarti mempunyai kondisi hubungan yang buruk, tetapi dari putusnya suatu hubungan pasti ada sebab dan akibatnya adalah kita harus melalui tahap ujian kelulusan yang bernama “Move On”.

Dengan adanya move on, manusia akan tahu apa saja yang akan dilakukan kedepannya agar lebih baik, khususnya adalah dalam hal “Cinta” yang kita bahas sekarang. Semoga dengan move on nya kita membuat kita semakin bijak dalam membuat keputusan dan menjadi lebih tahu dalam hal suatu hubungan percintaan. Terima kasih.


Salah satu cara paling ampuh dalam move on dari suatu hubungan adalah mencari kesibukan baru. Contohnya dengan belajar hal-hal baru, melakukan editing foto dan video juga cukup mengasyikkan untuk kamu lakukan. Lihat rekomendasi aplikasi edit video android dan aplikasi edit foto HP Android/iPhone pada artikel sebelumnya.