Layar yang kecil menjadi salah satu hal yang mengurangi kepuasan dalam bermain game Android. Namun, kamu tidak perlu khawatir, pasalnya sekarang kamu pun bisa bermain game Android lewat PC. Berkat adanya emulator Android, game yang biasanya hanya bisa dimainkan lewat smartphone kini kamu bisa memainkannya melalui PC.

Dengan adanya emulator, kamu bebas memainkan game Android menggunakan komputer. Kamu juga tidak perlu takut kerja komputer akan melambat karena ada banyak emulator Android ringan yang cocok untuk PC dengan spek pas-pasan.

Nah, penasaran kan apa saja sih, Android emulator PC yang terbaik dan juga paling ringan? Yuk, simak ulasannya:

1. Bluestack

BlueStacks
BlueStacks – foto: www.bluestacks.com

Kalau kamu pecinta game, nama Bluestack pasti sudah tidak terdengar asing di telinga. Android emulator yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi popularitas dan kualitasnya. Selain itu, software yang satu ini juga sering update, sehingga performanya selalu terjaga.

Tidak salah jika mengatakan bahwa Bluestack merupakan emulator Android terbaik yang ringan. Dengan menginstall software ini, kamu bisa memainkan banyak game Android terbaik meski dengan PC yang memiliki RAM 2GB.

Tidak hanya itu, Bluestack juga merupakan salah satu emulator yang ringan dan cocok dipasang pada Mac atau laptop MacBook. Untuk mendapatkan software ini, kamu bisa  mengunduhnya secara gratis di website resmi Bluestack.

Namun, kamu harus memperhatikan hal ini jika akan menggunakan Bluestack. Yang pertama yakni, Bluestack menyebabkan laptop cepat panas. Selain itu, laptop juga rentan hang dan ngelag jika diinstall software ini.

Download BlueStacks

2. MEmu

MEmu
MEmu – Foto: imag.malavida.com

Satu lagi salah satu emulator Android paling ringan yang bisa kamu gunakan, MEmu. Emulator ini bisa bekerja dengan baik pada komputer atau laptop yang memiliki RAM minimal 2 GB. Selain itu, MEmu juga memiliki user interface yang menarik dan performa yang tidak kalah dengan emulator lain.

Dengan menginstall MEmu pada komputer, kamu bisa mengakses fungsi tambahan dan fitur-fitur lain yang ada pada software ini. Kamu juga bisa melakukan root karena emulator ini telah memiliki akses root. Tidak hanya itu, MEmu juga bisa digunakan dengan baik pada komputer baik dengan prosesor Intel maupun AMD.

Karena aplikasinya yang tergolong ringan, kamu juga bisa sekaligus menjalankan aplikasi perekam layar saat bermain game, lalu selanjutnya dapat diunggah ke channel YouTube milik kamu.

Hanya saja, jika terlalu sering menggunakan MEmu, baterai laptop akan cepat habis. Selain itu, tampilan emulator ini juga kurang menarik dan juga memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat terbatas.

Download MEmu

3. Nox Player

Nox Player
Nox Player – Foto: kongbakpao.com

Terkhusu para gamer yang ingin mencicipi permainan ponsel pintar dengan joystick, Nox Player adalah emulator yang sangat tepat. Software yang satu ini sudah sangat terkenal di semua kalangan terutama gamer sebagai emulator terbaik.

Jika kamu menginstall Nox Player, kamu bisa memainkan game offline android terbaik atau pun online yang tergolong berat dengan lancar. Keunggulan Nox tidak hanya disitu saja, emulator ini juga support apabila dipakai pada PC dengan prosesor intel dan AMD.

Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan utilitas dan penambahan sehingga dapat membantu gamer bermain dengan keyboard dan mouse. Untuk dapat mengoperasikan Nox, RAM PC minimal 1.5 GB, tetapi Nox akan lebih maksimal jika diinstall pada komputer dengan RAM 4 GB.

Sementara itu, kelemahan dari Nox yakni memakan kuota internet dua kali lipat lebih besar daripada biasanya, sehingga menyebabkan kamu boros kuota. Selain itu, tampilan dari Nox juga terbilang biasa saja. Satu hal lagi, penggunaan software ini bisa membuat baterai laptop jadi boros.

Download Nox Player

4. KoPlayer

KoPlayer
KoPlayer – Foto: bp.blogspot.com

KoPlayer adalah salah satu emulator android yang khusus dibuat untuk gaming. Terdapat dua pengaturan pada software ini yakni Speed yang berguna untuk memaksimalkan performa emulator dan Compatibility agar kinerja emulator aman.

Apabila kamu mencari emulator yang memiliki kinerja tinggi tetapi tetap ringan, maka KoPlayer adalah pilihan yang tepat. Emulator ini juga mendukung penggunaan Google Play, sehingga bisa digunakan untuk aplikasi yang lain. Ketika menggunakan emulator ini kamu juga bisa mengoperasikan emulator lain.

Download KoPlayer

5. GenyMotion

GenyMotion
GenyMotion – Foto: genymotion.com

Salah satu emulator Android ringan yang bisa kamu gunakan adalah Genymotion. Meskipun tidak secara khusus diciptakan untuk gamer, akan tetapi software ini sangat cocok digunakan oleh para developer aplikasi.

Pasalnya, GenyMotion dapat digunakan untuk mencoba  aplikasi atau permainan di suatu perangkat meskipun kamu tidak memiliki perangkat tersebut.

Tampilan yang dimiliki oleh GenyMotion juga sangat stylish. User interface dari software ini mudah digunakan dan juga dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Ini membuat GenyMotion dapat digunakan oleh pengguna biasa maupun profesional tanpa melalui banyak kesulitan.

Hanya saja, untuk dapat menginstall GenyMotion, komputer atau laptopmu harus memiliki hardisk dan memori yang besar.

Download Genymotion

6. Windroye

Windroye
Windroye – Foto: uptodown.com

Berbicara soal emulator android ringan, Windroye adalah juaranya. Emulator keluaran pertama ini memang dikenal dengan keringanannya. Bahkan, ketika kamu mengoperasikan software ini kamu malah akan merasa seperti membuka aplikasi windows lain saking ringannya.

Emulator yang satu ini bisa digunakan baik pada windows 7,8 maupun 10. Software ini juga bisa digunakan pada komputer dengan spek rendah sehingga kamu tidak perlu takut komputermu akan melambat.

Namun, ketika mengoperasikan emulator ini, kinerja CPU komputer akan melambat. Kelemahan lain dari Windroye yakni tidak semua aplikasi Android kompatibel dengan emulator ini dan juga penggunaan terus-menerus bisa mengakibatkan laptop cepat panas.

Download Windroye

7. Droid4X

Droid4x
Droid4x – Foto: droid4x.cc

Emulator ringan selanjutnya adalah Droid4X. Tidak hanya ringan, emulator ini juga mudah digunakan dengan user interface yang menarik. Kelebihan lain dari software ini adalah mampu bekerja dengan sangat baik meskipun diinstal pada komputer yang berspesifikasi rendah.

Adds On adalah satu dari banyak keunggulan Droid4K. Dengan adanya AddOn kamu bisa bermain game di PC dengan smartphone sebagai kontrolernya. Tidak hanya ponsel pintar, kamu juga bisa mengatur keyboard sebagai kontroler, sehingga kamu bisa bermain dengan lebih puas.

Hanya saja, Droid4X tidak mendukung game-game yang populer, jadi kemungkinan kamu tidak bisa memainkan game-game tersebut. Selain itu emulator ini juga masih menggunakan Android versi lama, yakni JellyBean.

Download Droid4x

8. LDPlayer

LDPlayer
LDPlayer – Foto: id.ldplayer.net

Jika kamu sedang mencari emulator yang dikhususkan untuk bermain game Android, LDPlayer bisa menjadi salah satu alternatifnya. Emulator yang satu ini sudah terkenal sebagai emulator Android untuk gaming.

Salah satu kelebihan dari LDPlayer adalah kecepatan dan stabilitasnya. Selain itu software ini juga dilengkapi dengan fitur multitasking. Adanya fitur ini membuat kamu bisa membuka lebih dari satu windows pada game yang sama.

Namun, terkadang penggunaan emulator ini bisa menyebabkan lag pada komputer atau laptop terlebih jika digunakan terus-menerus.

Download LDPlayer

9. Remix OS

Remix OS
Remix OS – Foto: images.sftcdn.net

Remix OS merupakan emulator yang bentuknya serupa dengan sistem operasi atau OS. Saat menggunakan emulator ini, kamu merasakan pengalaman menjalankan PC yang beroperasi seperti Android.

Untuk performa Remix OS, kamu tidak perlu khawatir sebab, emulator ini memiliki performa yang cukup memuaskan dengan ukuran yang bersahabat. Selain itu, ada banyak sekali fitur-fitur yang bisa digunakan, termasuk penggunaan joystick, keyboard, atau mouse yang memudahkan untuk bermain game.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Remix OS bukan tanpa celah. Kelemahan yang paling terlihat dari emulator ini adalah boros kuota. Selain itu jika kamu akan mengunduh aplikasi, sinyal dan kecepatan internet juga harus stabil.

Download Remix OS

Adanya emulator Android, kamu tidak perlu lagi berkutat dengan layar yang kecil ketika bermain game. Dengan begitu, kamu akan lebih merasakan kepuasan dalam memainkan permainan ponsel pintar.

Untuk dapat menginstall emulator-emulator ini juga sangat mudah, kamu cukup download emulator Android yang kamu inginkan pada website resminya saja. Jadi, tunggu apa lagi?