Ingin memulai sebuah bisnis online atau offline? Sebaiknya kamu wajib mengetahui tentang apa itu Instagram Bisnis dan bagaimana cara untuk membuatnya. Tentu, karena ini akan sangat membantu bisnis kamu kedepannya.

Jika dimanfaatkan dengan benar, Instagram merupakan sosial media yang sangat “legit” bagi para pemilik usaha. Dengan jumlah pengguna lebih dari satu miliar, Instagram bisa menjadi lahan promosi dan berjualan yang tepat.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah akun Instagram bisnis. Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu akun IG bisnis dan perbedaannya dari akun Instagram yang biasa kita gunakan? Yuk simak selengkapnya.

Mengapa Harus Menggunakan Akun Instagram Bisnis?

Mengapa Instagram Bisnis
Mengapa Instagram Bisnis – Foto: jnewsonline.com

Instagram bisnis adalah jenis akun Instagram yang memang dikhususkan untuk keperluan usaha atau bisnis. Jadi, tentunya fitur-fitur yang tersedia juga lebih lengkap dan telah disesuaikan dengan kebutuhan yang lebih kompleks.

Ada banyak fitur yang hanya bisa didapatkan pada akun Instagram bisnis. Namun, dari keseluruhan fitur yang ada, kurang lebih ada lima fitur yang setidaknya akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis. Berikut diantaranya:

1. Instagram Insight

Insight Instagram
Insight Instagram – Foto: sevenads.id

Instagram Insight merupakan fitur yang akan membantu dalam mengoleksi data terkait performa dari sebuah akun Instagram. Contohnya, seperti perkembangan followers dalam seminggu terakhir. Berapa presentase kenaikan atau penurunannya dapat ditemukan melalui fitur Insight.

Melihat demografi dari followers, seperti jenis kelamin, asal kota atau negara, umur, dan jumlah online rata-rata perharinya juga mungkin untuk dilakukan. Jadi, akan sangat membantu untuk pengambilan keputusan marketing kedepannya.

Fitur Instagram Insight dapat digunakan untuk melihat performa dari keseluruhan akun atau bisa juga digunakan untuk melihat performa untuk postingan tertentu.

2. Instagram Ads

Instagram Ads
Instagram Ads – Foto: kaskus.id

Ingin postingan akun Instagram kamu dilihat lebih banyak orang diluar dari followers yang ada? Maka kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads alias memasang iklan di Instagram.

Selain memperluas jangkauan, Instagram Ads juga memungkinkan untuk mendatangkan followers baru dengan minat yang sesuai dengan akun Instagram bisnis kamu, serta meningkatkan awareness terhadap brand.

Adapun jenis iklan yang bisa digunakan, yaitu seperti iklan pada Instagram Story, Foto, atau Video. Kamu bisa menyesuaikan target iklan berdasarkan lokasi, demografi, minat, atau beberapa parameter lainnya.

3. Opsi Kontak Beragam

Opsi Kontak
Opsi Kontak

Berbeda dari jenis akun Instagram personal, pada akun bisnis, kamu bisa menambahkan opsi kontak yang lebih detail untuk para pelanggan. Contohnya, seperti email, nomor hp, atau lokasi. Jadi, opsi kontak tidak lagi hanya melalui direct message.

Artikel Terkait Instagram Lainnya:

4. Instagram Shopping

Instagram Shopping
Instagram Shopping – Foto: codigogeek.com

Jika bisnis yang kamu jalankan memungkinkan untuk pembeli melakukan order secara langsung, contohnya seperti produk fashion, kosmetik, atau lainnya, maka fitur Instagram Shopping akan sangat membantu.

Melalui fitur Shopping, cara melakukan bisnis di Instagram jadi mirip seperti pada situs e-commerce. Kamu bisa membuat etalase toko, memberikan label harga, dan lainnya.

Selain itu, sama seperti jenis postingan lainnya, kamu juga bisa mengiklankan produk shopping kamu melalui fitur Instagram Ads.

5. Fitur Swipe Up

Swipe Up Instagram
Swipe Up Instagram – Foto: tailwindapp.com

Untuk bisa membuat swipe up pada Instagram Story, tidak semua jenis akun bisa melakukannya. Pada akun personal, setidaknya kamu harus memiliki minimal 10.000 followers agar fitur ini muncul pada akun kamu.

Jika tidak, solusinya kamu bisa beralih dari akun personal menjadi akun Instagram bisnis. Jadi, meskipun followers akun kamu masih dibawah angka 10.000, namun kamu tetap dapat memiliki fitur Swipe Up.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Setelah mengetahui beberapa fitur “premium” yang ditawarkan, lalu bagaimana cara untuk beralih dari akun personal menjadi akun Instagram Bisnis?

Singkatnya, kurang lebih ada lima tahap yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Buat akun Instagram seperti biasa.
  2. Mengubah ke akun professional.
  3. Memilih jenis dan kategori akun bisnis.
  4. Melakukan set up akun bisnis.
  5. Terakhir, melengkapi seluruh informasi tambahan lainnya.

Untuk penjelasan lebih detailnya, silahkan simak di bawah ini.

1. Buat Akun Instagram

Mendaftar Akun Instagram
Mendaftar Akun Instagram – Foto: imagekit.io

Untuk membuat sebuah akun IG bisnis, kamu harus memiliki akun Instagram personal terlebih dahulu. Jadi, jika kamu belum memilikinya, maka kamu bisa melakukan sign up atau mendaftar seperti biasanya.

2. Ubah Jenis Akun

Secara default, jenis akun Instagram yang kamu miliki adalah jenis personal. Untuk mengubahnya, silahkan ikuti beberapa tahapan di bawah ini.

  • Buka halaman profile Instagram, lalu pilih icon 3 garis horizontal di pojok kanan atas layar.
Ubah Jenis Akun - Tahap 1
  • Selanjutnya, pilih menu Settings dan pilih Account.
Ubah Jenis Akun - Tahap 2
  • Lakukan “scroll” sampai bawah dan kamu akan menemukan pilihan “Switch to Professional Account” dan klik pilihan tersebut.
Ubah Jenis Akun - Tahap 3
  • Kemudian akan tampil halaman baru dan pilih Continue.

3. Pilih Jenis & Kategori Akun

Instagram menyediakan beberapa kategori yang bisa dipilih sebagai akun bisnis, mulai dari Artis, Musisi, Kreator, dan masih banyak lainnya. Silahkan pilih dan sesuaikan dengan jenis bisnis kamu.

Dari kategori tersebut, kamu akan diminta kembali untuk memilih jenis akun. Terdapat dua pilihan, pertama Creator, kedua Business.

Pilih Jenis Akun
Pilih Jenis Akun

Jika kamu merupakan seorang publik figur, artis, influencer atau sejenisnya, maka kamu bisa memilih opsi Creator. Namun, jika akun tersebut adalah akun brand, organisasi, atau sejenisnya, silahkan pilih opsi Business.

4. Set Up Akun Bisnis

Setelah memilih jenis akun bisnis, maka terdapat kurang lebih empat langkah yang bisa dilengkapi.

Set Up Akun Instagram Bisnis
Set Up Akun Instagram Bisnis
  • Complete Your Profile: Foto Profil, Nama, Bio, Website, dan username.
  • Get Inspired: Saran/rekomendasi akun bisnis sejenis untuk diikuti.
  • Share Content to View Insight: Membagikan postingan pertama untuk akun bisnis kamu.
  • Explore Professional Tools: Shortcut untuk melihat tools akun bisnis, seperti Insight dan Promotion Tools.

Dari keempat langkah di atas, kamu hanya diwajibkan untuk mengisi bagian “Complete Your Profile” saja. Selain dari itu, kamu bisa melengkapi setelahnya atau hanya bersifat opsional.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

5. Lengkapi Informasi Akun Instagram

Sampai dengan tahap keempat, kamu telah berhasil membuat akun Instagram bisnis kamu. Selanjutnya, kamu hanya perlu melengkapi beberapa informasi opsional lainnya.

Contohnya, kamu bisa menambahkan opsi kontak pada profil, menghubungkan Instagram dengan halaman Facebook, menampilkan label akun, dan lainnya. Jika semua telah dilakukan, maka kamu sudah bisa memulai posting pertama kamu.

Jadi, dengan mengetahui cara membuat akun Instagram bisnis, kamu dapat lebih mudah memahami interaksi yang terjadi pada akun tersebut. Selain itu, dengan beberapa informasi dari dashboard akun bisnis, pengambilan keputusan bisnis juga dapat lebih mudah.