8 Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Lemot Untuk Semua Operator

Cara Mempercepat Koneksi WiFi
Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari koneksi WiFi yang cepat. Namun, semua kegiatan yang kamu lakukan akan terganggu jika koneksi internet tidak stabil atau lemot. Pengguna pun dapat memulihkan jaringan dengan cara mempercepat koneksi WiFi berikut.

Kamu tidak perlu memasang kabel jaringan untuk menghubungkan perangkat lain ke internet dan inilah yang menjadikan WiFi lebih simpel. Namun, untuk dapat mengakses internet dengan cepat tetap membutuhkan sinyal yang stabil dan baik.

Koneksi internet yang lemot memang sangat mengganggu. Terdapat banyak faktor yang bisa  mempengaruhi kecepatan koneksi WiFi. Jangan terburu-buru menyalahkan provider internet yang digunakan.

Ada baiknya kamu mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan WiFi di rumah melambat. Bisa jadi router WiFi sedang bermasalah, sehingga kamu perlu memperbaikinya.

Bagi pengguna aktif internet, masalah jaringan internet lemot harus segera diatasi. Kamu pun tidak perlu meminta bantuan ahli untuk memperbaikinya. Pastikan untuk memperhatikan prosedur dengan baik dan benar.

Berikut ini ada beberapa faktor yang menjadi penyebab internet lemot serta cara mempercepat jaringan WiFi. Yuk, simak ulasan Teknolagi selengkapnya.


Penyebab Internet Lemot dan Cara Mengatasinya

Internet WiFi Lambat
Internet WiFi Lambat – Foto: blog.dnetprovider.id

Sedang asyik streaming YouTube tapi jaringan internet lambat sering kali membuat kamu kesal. Koneksi internet lemot bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor, baik dari provider maupun router. Nah, berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab koneksi WiFi lambat dan juga cara mengatasinya, antara lain:

1. Kabel LAN Bermasalah

Kabel LAN
Kabel LAN – Foto: unsplash.com

Kabel LAN yang terhubung ke router WiFi sering kali bermasalah. Untuk itu, cobalah untuk mengecek kondisi kabel LAN apakah pemasangan sudah tepat. Umumnya karena pemasangan yang kurang tepat, kabel LAN berada dalam posisi longgar, sehingga koneksi sering terputus.

Jika kabel LAN yang menjadi sumber utama internet lemot, maka kamu dapat memperbaikinya dengan menghubungkan ke port yang sesuai. Apabila masih ragu dan belum paham cara mempercepat WiFi indihome, ada baiknya untuk menghubungi pihak provider. Para ahli akan membantu memperbaiki router WiFi dengan cepat dan tepat.


2. Terlalu Banyak Pengguna

Terlalu Banyak Pengguna
Terlalu Banyak Pengguna – Foto: unsplash.com

Saat ini WiFi telah menjadi andalan untuk dapat menikmati internet tanpa batas dan bisa sekaligus dipakai oleh orang banyak. Terlalu banyak pengguna bisa menjadi faktor yang menyebabkan jaringan WiFi di rumah melambat.

Inilah yang membuat kamu agak kesulitan ketika akan menggunakan internet. Cara mempercepat WiFi indihome cukup mudah yaitu dengan membatasi pengguna dan rajin mengganti password agar pengguna yang tidak berhak, tidak dapat terhubung ke WiFi kamu. Baca cara ganti password wifi untuk mengetahui cara lengkapnya.

Jika pengguna WiFi terlalu banyak dan menggunakan dalam waktu yang bersamaan, maka kecepatan internet yang kamu miliki akan dibagi sejumlah user yang menggunakan.

Contoh jika kamu memiliki koneksi 20 Mbps dan digunakan 4 device secara bersamaan, maka kecepatan tersebut akan dibagi menjadi 4. Sehingga tiap user hanya akan mendapatkan kecepatan sekitar 625 kB/s.


3. Provider Gangguan

Internet Gangguan
Internet Gangguan – Foto: eaglezip.com

Tidak hanya faktor internal saja, ternyata faktor eksternal seperti provider gangguan juga dapat memungkinkan menjadikan mengapa kecepatan WiFi menjadi lambat.

Jika sudah mengecek perangkat router tapi tidak diketahui masalahnya, maka bukan tidak mungkin jika provider yang mengalami gangguan. Kamu dapat menanyakan kepada customer service mengenai hal tersebut sekaligus menanyakan cara mempercepat koneksi WiFi.

Sebagai salah satu cara mengatasi koneksi WiFi yang lemot, kamu dapat mengganti provider dengan merek lainnya. Hal ini bisa dilakukan apabila dirasa jaringannya tidak bekerja maksimal.

Tentunya provider seringkali menjadi masalah yang menyebabkan koneksi internet lambat. Maka pastikan kamu memilih provider yang tepat agar bisa menikmati koneksi internet berkualitas tinggi dan stabil selama 24 jam penuh.


4. Mengunduh File Berkapasitas Besar

Penyebab Internet Lemot
Penyebab Internet Lemot – Foto: goodvpnservice.com

Mengunduh file yang memiliki kapasitas besar sepertinya harus dihindari bagi kamu yang hobi download. Koneksi internet bisa menjadi lemot karena file yang diunduh melebihi batas.

Hal tersebut membuat router WiFi bekerja secara maksimal untuk menyelesaikan proses mengunduh file. Sehingga kamu akan kesulitan mengakses internet karena koneksi lambat.

Jika ingin mengunduh file berkapasitas besar sebaiknya tidak dilakukan secara bersamaan. Serta lakukan proses mengunduh satu per satu agar koneksi internet tidak lemot.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan “jatah” bandwith yang diberikan oleh provider yang digunakan. Contoh saja seperti IndiHome yang memberlakukan FUP atau batas pemakaian wajar, yang artinya setelah melewati batas yang ditentukan, maka kecepatan akan diturunkan.


5. Posisi Router Salah

Lokasi Penempatan Access Point Terbaik
Lokasi Penempatan Access Point Terbaik

Koneksi internet lemot ternyata juga bisa disebabkan oleh letak router WiFi. Ada beberapa posisi yang tidak disarankan bagi router. Pertama, router WiFi tidak boleh diletakkan pada posisi yang rendah karena kinerja internet akan kurang baik. Kamu tidak akan mendapatkan koneksi internet secara maksimal apabila router WiFi diletakkan terlalu jauh dari jangkauan.

Selanjutnya, hindari meletakkan router di tempat tertutup karena koneksi internet kemungkinan akan susah dipancarkan. Terakhir, tidak menaruh router dekat dengan jendela untuk menghindari internet tersebar keluar dan terbagi.


Cara Mempercepat Koneksi Jaringan WiFi

Internet memang menjadi kebutuhan penting masyarakat di era milenial ini. Tentunya kecepatan sebuah WiFi menjadi sebuah keharusan. Lantas bagaimana apabila terjadi koneksi yang lambat? tentunya kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut, antara lain:

1. Cek Kecepatan WiFi

Sebelum mengetahui cara mempercepat koneksi WiFi yang lambat, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu berapa kecepatan WiFi yang ada. Kamu bisa mengeceknya di situs-situs gratis penguji kecepatan koneksi tersebut di internet seperti speedtest.net

Barulah lihat kecepatan rata-rata untuk mengetahui apakah kecepatan yang dimiliki memang sudah sesuai dengan broadband ataupun belum. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mengetahui cara yang tepat untuk mempercepat koneksi WiFi dengan beberapa langkah di bawah ini.

Dengan mengecek kecepatan WiFi, kamu dapat mengetahui apakah kecepatan yang kamu dapatkan telah sesuai dengan paket yang kamu gunakan. Jika kecepatan jauh berbeda dari yang seharusnya, kamu dapat melaporkannya pada pihak provider.


2. Pindah Area Router

Setelah mengecek kecepatan WiFi yang ada, barulah beralih pada posisi antena router. Pastikan bahwa arah dari router WiFi tersebut sudah sesuai. Jika belum sesuai, kamu bisa memastikan posisinya dalam keadaan berdiri tegak dan tidak miring. Hal tersebut bertujuan agar bisa menangkap ataupun menyalurkan sinyal ke perangkat yang kamu pakai dengan baik.

Selain itu, letakkan router pada tempat yang tidak terhalang oleh benda-benda pengganggu. Mulai dari microwave, telepon nirkabel, speaker ataupun barang-barang elektronik. Hal tersebut akan menghalangi sinyal WiFi tersalur ke perangkat yang digunakan.

Jika dirasa masih belum bisa mempercepat koneksi, cobalah untuk mengecek pada bagian kabel router. Apabila sudah tidak dalam keadaan yang baik, maka pastikan untuk memperbaiki atau menggantinya.

Bila perlu, belilah repeater untuk mempermudah proses penangkapan sinyal WiFi. Sehingga sinyal yang ada bisa tersalur dengan lancar dan sekaligus mempercepat koneksi internet.


3. Lakukan Reboot Router Secara Rutin

Langkah selanjutnya adalah pastikan untuk selalu melakukan reboot router secara rutin. Hal yang cukup simpel dan mudah ini bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan koneksi jaringan internet.

Jangan hanya melakukan aktivitas satu ini hanya ketika WiFi sedang lambat saja, namun jadwalkan secara konsisten dan rutin agar jaringan selalu stabil.

Jika kamu merasa kerepotan harus mengingat secara manual kapan harus melakukan reboot router, maka lakukan penjadwalan secara otomatis. Aturlah setidaknya penjadwalan reboot selama satu hingga dua kali seminggu.

Tentunya hal ini bisa menjadi cara untuk menstabilkan kembali router agar bisa bekerja dengan lebih baik.


4. Ganti Pengaturan Perangkat

Tidak hanya untuk pc atau laptop saja, namun cara mempercepat koneksi WiFi Android juga perlu diperhatikan. Seringkali para pengguna Android merasa kesusahan dalam mengakses internet karena jaringan yang lambat.

Padahal ada langkah mudah yang bisa dilakukan tanpa harus berhubungan dengan router seperti halnya pada komputer loh.

Kamu hanya perlu untuk masuk ke dalam pengaturan smartphone dan pilih opsi WiFi. Kemudian barulah pilih opsi Advanced Settings. Dengan begitu akan muncul pilihan WiFi Speed Mood agar memudahkanmu dalam mengubah aplikasi penting menjadi prioritas tersalurnya internet. Sehingga pengaturan satu ini akan menyalurkan bandwidth secara merata pada aplikasi terpilih.

Selain itu, kamu bisa pula memilih mode lainnya seperti extreme mode. Tentunya pengaturan satu ini akan memberikan prioritas pada aplikasi yang berjalan di foreground. Namun sayangnya akan membuat aplikasi pada background tidak bisa mengakses internet seperti biasanya.


5. Ganti Wireless Adapter

Meskipun kamu telah menggunakan wireless router atau access point dengan seri dan teknologi baru, tapi jika wireless adapter yang kamu gunakan masih menggunakan teknologi lama, maka tidak akan maksimal.

Jika kamu menggunakan laptop atau PC, kamu bisa mengganti wireless adapter dengan spesifikasi minimal telah mendukung teknologi WiFi 5 atau Wifi ac yang telah umum digunakan saat ini.


6. Memilih Provider Terbaik

Tidak hanya harus mengganti pengaturan pada perangkat smartphone, cara mempercepat koneksi WiFi di Android tanpa aplikasi adalah dengan memilih provider terbaik. Dengan memilih provider terbaik dan juga populer tentunya akan berpengaruh pada koneksi internet yang di punya. Meskipun terbilang cukup mahal, namun kualitas yang didapat pastinya akan sebanding.

Beberapa provider yang bisa dicoba adalah Telkomsel, XL, Tri, Indosat dan lain sebagainya. Tentunya sinyal atau koneksi internet provider tersebut akan bergantung pada daerah tempat tinggal. Sehingga jaringan internet atau WiFi akan berbeda antara pelanggan yang tinggal di perkotaan dan juga pedesaan.


7. Pilih Tempat Yang Sepi

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan memilih tempat yang sepi dan tidak banyak pengguna internet. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam mempercepat  jaringan internet yang tersalurkan ke perangkatmu.

Seperti halnya jika berada di tempat umum atau keramaian, maka sebisa mungkin untuk menjauh dan berpindah ke tempat yang masih sepi. Hal ini dilakukan dengan tujuan menghindari interfrensi sinyal WiFi yang digunakan.


8. Upgrade Paket Internet

Jika seluruh tahapan telah dilakukan dan normal, namun internet masih sering lemot, ada baiknya kamu memikirkan untuk melakukan upgrade paket internet yang kamu gunakan.

Kamu dapat melakukan verifikasi jumlah pengguna yang aktif saat koneksi menjadi lambat. Bisa jadi karena memang kecepatan internet yang kamu dapatkan sebenarnya normal karena telah dibagi dengan pengguna lainnya.


Itulah informasi penting mengenai bagaimana cara mempercepat koneksi WiFi dan penyebab internet lemot. Cara di atas mungkin tidak menjamin bisa mempercepat koneksi internet yang kamu punya, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan?