12 Contoh Pertanyaan Interview Kerja & Cara Menjawabnya!

Pertanyaan Wawancara Kerja
Pertanyaan Wawancara Kerja - Foto: alberta.ca

Interview kerja merupakan hal yang menggembirakan, sekaligus menegangkan, terutama bagi para fresh graduate ataupun orang yang belum pernah melakukan interview kerja. Sebelum melakukan interview atau tes wawancara kerja tentu kamu harus melakukan persiapan wawancara kerja.

Beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari teknik wawancara kerja, menyiapkan jawaban untuk pertanyaan interview kerja yang sering ditanyakan HRD, menyiapkan pakaian untuk tes wawancara kerja, dan lain – lain.

Untuk membantu kamu melakukan persiapan sebelum interview kerja, berikut kami akan menjelaskan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview kerja, dan bagaimana cara menjawabnya. Baca juga tips interview kerja yang sudah kami bahas sebelumnya.

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Teknik Menjawabnya

1. Ceritakan Tentang Diri Kamu

Ceritakan Tentang Diri Kamu
Ceritakan Tentang Diri Kamu – Foto: curiosityunlocked.in

Pertanyaan wawancara kerja yang satu ini pasti akan sering kamu jumpai, bahkan hampir semua HRD pasti menanyakan hal ini kepada calon karyawannya. Lalu, gimana ya cara menjawabnya?

Nah, kalau kamu menjumpai pertanyaan semacam ini saat interview atau tes wawancara kerja, kamu disarankan untuk memperkenalkan dirimu secara singkat saja.

Jangan terlalu bertele – tele, karena sebenarnya HRD tidak membutuhkan informasi pribadi kamu secara detail, mereka biasanya hanya membutuhkan sekitar 4 atau 5 informasi penting dalam diri kamu.

Pada saat memperkenalkan diri di hadapan HRD, kamu juga bisa menyampaikan apa saja keahlian, prestasi, ataupun pengalaman kerja kamu yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar tersebut.

Jika kamu adalah seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menjelaskan kegiatan sehari – hari kamu selama belum bekerja. Tetapi kamu sebutkan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar saja ya.


Lihat daftar situs lowongan kerja terbaru untuk berbagai bidang dan selalu update.


2. Apa Kelebihan dan Kekurangan Kamu?

Kelebihan dan Kekurangan Diri
Kelebihan dan Kekurangan Diri – Foto: novoresume.com

Pertanyaan interview kerja selanjutnya yang sering ditanyakan HRD adalah tentang kelebihan dan kekurangan mu. Pasti bingung banget kan kalau ditanya tentang ini.

Nah, biasanya HRD memang menanyakan pertanyaan seperti ini untuk mengetahui bagaimana cara pandang kamu terhadap dirimu sendiri. Untuk menjawabnya, kamu bisa menyebutkan beberapa kelebihan yang kamu miliki, tetapi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Kemudian untuk menjawab tentang kekurangan dirimu, kamu bisa menyampaikan kekurangan kamu dan sekaligus juga berikan solusi atas kekuranganmu tersebut.

3. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Tentang Perusahaan
Tentang Perusahaan – Foto: aqil.com.my

Berikutnya, “apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?”. Nah, pertanyaan ini cukup mudah untuk dijawab, dan hampir kebanyakan HRD akan menanyakan hal ini pada calon karyawannya. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar rasa ingin tahu kamu terhadap perusahaan yang kamu lamar.

Untuk menjawab pertanyaan ini, cukup mudah, sebelum melakukan persiapan wawancara kerja, kamu sebaiknya googling dulu hal – hal yang berkaitan dengan perusahaan yang kamu lamar tersebut.

Tidak perlu terlalu detail, kamu hanya cukup mengetahui hal – hal yang mendasar saja seperti visi misi, produk perusahaan, pesaing, dan perusahaan rekanannya.

Tetapi saat kamu googling sebaiknya tidak perlu dihafalkan ya, cukup dipahami saja poin poin penting dari perusahaan tersebut, sehingga saat ditanya HRD, kamu bisa menjawabnya secara natural, bukan jawaban hasil dari hafalan.


Akan interview dalam Bahasa Inggris? Lihat rekomendasi channel YouTube Bahasa Inggris agar wawancara kamu lebih lancar.


4. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Posisi yang Kamu Lamar?

Job Desk dan Tanggung Jawab Pekerjaan
Job Desk dan Tanggung Jawab Pekerjaan – Foto: fraserdove.com

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, selain mengetahui informasi tentang perusahaan, kamu juga harus paham betul dengan posisi yang kamu lamar di perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu apply job tanpa mengetahui job descriptionnya.

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu juga bisa mencari tahu lewat google tentang posisi yang kamu lamar tersebut. Setidaknnya kamu mengetahui apa saja yang nantinya akan dikerjakan saat kamu diterima di posisi tersebut.

5. Mengapa Kamu Melamar di Perusahaan Ini?

Alasan Melamar Pekerjaan
Alasan Melamar Pekerjaan

Contoh pertanyaan wawancara kerja yang berikutnya adalah “Mengapa kamu melamar di perusahaan ini ?”. Saat menanyakan hal ini, seorang HRD sebenarnya sedang menggali seberapa besar motivasi kamu saat melamar di perusahaannya tersebut.

Biasanya saat menjumpai pertanyaan demikian, para pencari kerja akan menjawab “karena disini gajinya besar”, “perusahaannya bagus”, “tempat kerja sebelumnya tidak bagus”, dan lain – lain. Nah, sebaiknya kamu menghindari jawaban semacam itu, karena kalau kamu membahas soal gaji, maka akan terlihat sangat materialistis.

Kamu juga sangat tidak disarankan untuk menjelekkan tempat kerja sebelumnya, karena nanti HRD akan berpikir saat kamu keluar dari perusahaannya tersebut, kamu akan mengumbar kejelekan dari perusahaan itu.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan semacam ini, kamu bisa menjelaskan bahwa kamu tertarik dengan jenis bisnis yang dijalankan di perusahaan tersebut, posisi yang dilamar sesuai dengan pendidikan terakhirmu, atau sesuai dengan skill yang kamu miliki.


Ingin bekerja tanpa ada ikatan waktu dan bebas? Cobain daftar di situs freelance pilihan Teknolagi.ID


6. Diluar dari Pekerjaan, Kegiatan Apa yang Kamu Lakukan?

Aktivitas Produktif
Aktivitas Produktif – Foto: hivevine.com

Pertanyaan ini biasanya termasuk pertanyaan interview kerja fresh graduate. Jika kamu ditanya semacam ini, kamu bisa menjawab dengan jujur kegiatan apa saja yang kamu lakukan selama belum mendapat pekerjaan.

Namun, kamu juga harus berhati – hati, sebaiknya sebutkan kegiatan yang benar benar relevan dengan posisi yang kamu lamar atau dengan kegiatan yang produktif yaa…

Contoh jika sebelum bekerja kamu menjalankan bisnis online seperti halnya dropship, kamu juga dapat menyampaikan hal tersebut jika dianggap relevan dan dapat membantu saat proses wawancara.

7. Sedang Melamar di Perusahaan Mana Saja?

Melamar Pekerjaan
Melamar Pekerjaan – Foto: infodigimarket.com

Nah, biasanya HRD akan menanyakan hal ini kepada calon karyawan yang potensial, dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kira kira perusahaan mana saja yang menjadi saingannya untuk memperebutkan si calon karyawan ini.

Biasanya perusahaan akan menerima si calon karyawan ini dengan segera supaya tidak keduluan dengan perusahaan lain.

8. Benefit Apa yang Bisa Kamu Tawarkan ke Perusahaan?

Kontribusi ke Perusahaan
Kontribusi ke Perusahaan – Foto: kirkonulkomaanapu.fi

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa memberikan jawaban positif yang sekiranya bisa benar – benar kamu realisasikan saat kamu bekerja di perusahaan tersebut.

Jangan sampai melebih lebihkan dalam menjawab pertanyaan ini, karena nantinya kamu juga yang akan terkena dampaknya ketika kamu memang berhasil diterima di perusahaan tersebut.

9. Mengapa Kamu Resign dari Perusahaan Sebelumnya?

Alasan Resign
Alasan Resign – Foto: amazonaws.com

Kalau kamu menemui pertanyaan ini saat interview kerja, sebaiknya kamu menjawabnya dengan hati – hati. Jangan sampai kamu menjelekkan perusahaan sebelumnya. HRD akan memberikan pertanyaan ini untuk mengetes bagaimana cara kamu menjelaskan kesan kamu pada perusahaan sebelumya.

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu bisa menyampaikan bahwa posisi di perusahaan sebelumnya tidak sesuai dengan background pekerjaan atau skill kamu, kamu juga bisa menjawab karena alasan pribadi, atau hal hal lainnya. Intinya jangan sampai menyampaikan kejelekan perusahaan sebelumnya.

10. Berapa Gaji Kamu Diperusahaan Sebelumnya?

Pendapatan atau Gaji
Pendapatan atau Gaji – Foto: accountsandlegal.co.uk

Jika kamu menemui pertanyaan semacam ini, lebih baik kamu menjawab dengan jujur dan mendetail berapa gaji atau penghasilan yang kamu dapatkan dari perusahaan sebelumnya.

Biasanya HRD menanyakan hal ini untuk mengetahui berapa harga kamu di perusahaan sebelumnya, sehingga mereka bisa menentukan berapa yang harus mereka keluarkan untuk menggaji kamu nantinya.

11. Berapa Ekspektasi Gaji yang Kamu Inginkan?

Ekspektasi Gaji
Ekspektasi Gaji – Foto: roberthalf.ca

Pertanyaan interview kerja yang satu ini tentu sangat sulit untuk dijawab, bukan?. Mau memberikan nominal yang terlalu tinggi barangkali dikira materialistis, namun kalau terlalu rendah, tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup. Jadi, bagaimana cara menjawabnya?

Nah, saat kamu akan melamar pekerjaan sebaiknya kamu melakukan riset tentang berapa UMR yang berlaku di wilayah perusahaan tersebut, berapa  biaya hidup yang harus dikeluarkan, dan berapa standar gaji di perusahaan sejenis. Riset ini tujuannya adalah supaya kamu bisa memiliki gambaran berapa gaji yang diinginkan saat ditanya HRD.

Jika kamu sudah pernah bekerja di perusahaan lain, kamu juga bisa menjadikan gaji di perusahaan sebelumnya sebagai acuan untuk menjawab pertanyaan ini, kamu juga bisa menaikkan ekspektasi gaji dari yang kamu dapatkan sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jika HRD meminta negosiasi gaji.

12. Ada Pertanyaan yang Ingin Ditanyakan?

Pertanyaan Interview Kerja
Pertanyaan Interview Kerja – Foto: agilevelocity.com

Pertanyaan tes wawancara kerja ini, biasanya akan ditanyakan oleh HRD di akhir sesi wawancara. Silahkan gunakan kesempatan ini untuk menggali lebih dalam informasi tentang perusahaan tersebut.

Namun jangan pernah tanyakan soal gaji, tunjangan dan hal lain yang berkaitan dengan keuangan ya, karena status kamu masih dalam tahap interview awal.

Jika kamu ingin tahu hal hal yang berkaitan dengan keuangan, seperti gaji, tunjangan, bonus dan lain – lain, kamu bisa menanyakannya setelah di tahap akhir proses rekrutment di perusahaan tersebut, bukan di tahap wawancara awal.

Itulah beberapa teknik dalam menjawab pertanyaan interview kerja. Jangan lupa untuk melakukan persiapan wawancara kerja, salah satunya, yaitu dengan berlatih menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat interview kerja di atas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.