Saat sedang merekam sebuah video, terkadang kita ingin ada beberapa bagian yang dihilangkan dan akhirnya membutuhkan cara memotong video sebelum nantinya akan diupload atau diunggah ke sosial media.

Tidak hanya video hasil rekaman, setelah kita melakukan download video di youtube ataupun download video di facebook, terkadang kita hanya ingin untuk menunjukkan bagian lucu ataupun menariknya saja, sehingga diperlukan pemotongan video terlebih dahulu.

Namun, bagi kamu yang belum terlalu paham tentang editing video,  tentu saja menganggap jika hal ini cukup sulit dilakukan. Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan menafaatkan aplikasi edit video yang sudah banyak tersedia.

Cara Memotong Video Di PC/Laptop

Menggunakan Adobe Premiere Pro

Cara pertama yang direkomendasikan sebagai cara memotong video di PC/laptop adalah dengan menggunakan aplikasi edit video pc Adobe Premiere Pro. Seperti aplikasi editing video pada umumnya, aplikasi ini memiliki fitur untuk memotong dan membuang bagian video yang tidak diinginkan.

Tak sulit untuk menggunakannya,  hanya dengan mengatur dan menata video pada timeline yang tersedia, kamu sudah bisa mendapatkan video sesuai keinginan.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memotong atau crop video di pc menggunakan Adobe Premiere Pro yang kami rangkum dari Channel Nurix25:

1. Buka aplikasi Adobe Premiere di PC/laptop kamu.

2. Siapkan file dan buka video mana yang ingin dipotong dengan cara klik File lalu import, atau lakukan drag and drop pada library Adobe Premiere Pro.

Import Video ke Adobe Premiere Pro
Import Video ke Adobe Premiere Pro

3. File yang telah berhasil diimport, drag dan drop ke bagian timeline project di sisi kanan bawah layar.

Video Telah Berhasil di Import
Video Telah Berhasil di Import

4. Jika video telah berhasil diimport pada timeline, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.

Menambahkan Video ke Timeline Premiere Pro
Menambahkan Video ke Timeline Premiere Pro

5. Untuk memotong video, kamu perlu menentukan pada detik atau menit ke berapa video akan dipotong. Gunakan tombol icon biru untuk menentukan menit video.

6. Jika sudah, aktifkan Razor Tool pada bagian Toolbox untuk memotong video. Klik kiri 1x pada bagian yang akan dipotong.

Memotong Video dengan Razor Tool
Memotong Video dengan Razor Tool

7. Setelah crop berhasil diterapkan, maka akan muncul garis seperti potongan yang menandakan bahwa kedua bagian video telah menjadi bagian terpisah.

Cara Memotong Video Berhasil
Cara Memotong Video Berhasil

8. Untuk menghapus bagian video yang tidak diinginkan, kamu dapat menggunakan Selection Tool, lalu klik kanan pada bagian video tersebut. Kemudian pilih “Clear” atau “Riple Delete”.

Menghapus Hasil Potongan Video
Menghapus Hasil Potongan Video

8. Silahkan lihat pada pratinjau/preview video, apakah pemotongan yang dilakukan sudah sesuai atau belum.

Hasil Crop Video di Adobe Premiere Pro

8. Jika belum, kamu bisa mengaturnya kembali hingga sesuai. Selain itu, kamu juga dapat menggabungkan video lainnya hanya dengan mengulang cara drag and drop video pada timeline, lalu sesuaikan.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC

Cara Memotong Video Di Android

Menggunakan KineMaster

Bukan hanya menggunakan aplikasi di PC/laptop, kamu pun juga bisa memotong video dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan aplikasi android. Salah satunya, yaitu dengan menggunakan KineMaster.

Aplikasi ini direkomendasikan sebagai salah satu aplikasi terbaik dengan fitur untuk memotong video di android. Selain itu, KineMaster juga merupakan aplikasi edit video android yang cukup komplit dan bisa diandalkan.

Bukan hanya bisa memotong video, aplikasi ini pun juga bisa digunakan untuk menggabungkan foto-foto menjadi sebuah video, mengganti sound, menambahkan berbagai efek, dan masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa kamu coba.

Untuk langkah-langkah memotong video di hp menggunakan KineMaster, bisa dilakukan dengan cara di bawah ini sebagaimana yang kami rangkum dari Channel Asal Ngelik.

1. Buka aplikasi KineMaster yang sudah terinstall di hp kamu.

Buka Aplikasi KineMaster
Buka Aplikasi KineMaster

2. Untuk memulai editing video, klik ikon “+”. Lalu, pilih rasio video yang ingin digunakan.

Pilih Aspek Rasio Video
Pilih Aspek Rasio Video

3. Klik Media. Kemudian pilih video mana yang ingin dipotong, kemudian pilih tombol Centang. Jika berhasil, maka akan muncul tampilan seperti di bawah.

Pilih Video yang Akan Diedit
Pilih Video yang Akan Diedit

4. Tentukan bagian video mana yang akan dipotong dengan menggeser timeline video. Jika sudah, klik timeline hingga berubah menjadi warna kuning dan klik icon gunting.

Tentukan Bagian Video yang Akan Dipotong
Tentukan Bagian Video yang Akan Dipotong

5. Akan muncul beberapa pilihan untuk memotong video, mulai dari memotong sisi kanan atau kiri dari posisi waktu timeline, atau bisa juga membagi video menjadi dua bagian.

Pilih Jenis Memotong Video KineMaster
Pilih Jenis Memotong Video KineMaster

6. Jika sudah, kamu bisa menekan tombol Centang di sisi kanan atas. Kemudian lakukan preview.

7. Terakhir, jika hasil video sudah sesuai, kamu dapat menyimpan video dan membagikannya ke media sosial yang kamu inginkan.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP

Cara Memotong Video Secara Online

Menggunakan Online-Video Cutter.com

Selain menggunakan aplikasi, baik di PC maupun di android, ada cara mudah memotong video dengan menggunakan situs online. Salah satunya dengan menggunakan situs Online-Video-Cutter.com.

Situs ini berguna untuk memotong file video kecil. Tidak membutuhkan instalasi dan bisa langsung bekerja di browser. Selain itu ada berbagai fitur lainnya yang dimiliki oleh Online-Video-Cutter yaitu:

  • Bisa digunakan untuk memutar video 900, 1800, 2700. Ini sangat berguna saat adegan potret direkam menggunakan mode lanskap ataupun sebaliknya
  • Semua format video telah didukung dalam situs ini. Jadi, saat file video kamu gagal dibuka, maka bukan berarti format tidak didukung, namun kemungkinan file tersebut terlalu besar atau rusak.
  • Web ini mendukung untuk memotong file video secara langsung di browser. Ukuran file yang didukung hingga 500MB.
  • Cara memotong video juga sangat mudah hanya perlu 1 atau 2 klik saja.
  • File akan otomatis dihapus  dari server setelah beberapa jam pengguna selesai mengedit file video. Jadi, tak ada seorang pun yang bisa mengakses file video, kecuali kamu sendiri.
  • Dan yang paling penting adalah aplikasi ini 100% gratis. Jadi, kamu tak perlu membeli lisensi ataupun membayar untuk fitur-fitur tambahan.

Dan berikut ini langkah-langkah memotong video dengan menggunakan Online Video Cutter:

1. Buka terlebih dahulu situs Online-Video-Cutter.com

2. Upload file video yang ingin diedit dan dipotong dengan cara klik “Buka”.

Tampilan Online Video Cutter

3. Pilih file video yang akan dipotong dan kemudian tunggu hingga proses loading upload selesai.

4. Nantinya kamu akan dibawa menuju tab ke-2, yaitu memotong video. Pada langkah ini, kamu bisa menyesuaikan rentang menit pada video yang akan dihilangkan.

5. Setelah itu klik “Potong” untuk melanjutkan proses pemotongan video.

6. Setelah menunggu beberapa saat, klik tombol “Unduh” seperti di bawah ini. Kemudian, simpan video yang sudah diedit dan dipotong ke dalam PC/laptop kamu.

Hasil Cut Video Online

Dapat dikatakan jika cara ini adalah cara memotong video yang sangat mudah dan cepat dilakukan. Karena yang kamu butuhkan hanya koneksi internet yang stabil sehingga proses editing video juga lancar.

Setelah semua proses dilakukan, kamu bisa melakukan pengecekan kembali menggunakan aplikasi pemutar video untuk memastikan pemotongan sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Nah itu tadi 3 cara memotong video dengan mudah dan cepat, baik di PC/laptop atau android dengan menggunakan aplikasi maupun situs potong video online. Cara –cara di atas pun juga bisa diterapkan jika kamu ingin memotong video dari Youtube. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untukmu.